Langkah-langkah melakukan sablon manual

 1. Menyiapkan Perlengkapan

Yang terpenting dari semuanya terlebih dahulu adalah menyiapkan perlengkapan yang diperlukan sesuai dengan daftar yang ada sebelumnya.

2. Membuat Desain yang Ingin Disablon

Setelah itu, Anda bisa membuat desain yang akan disablon. Bisa dengan mencoba menggambarnya sendiri ataupun mencoba untuk mengambil gambar dari sumber lainnya. Namun pastikan resolusinya bagus ketika akan diprint.


3. Lapisi Screen dengan Emulsi

Langkah langkah sablon manual yang bisa dilakukan lainnya adalah dengan melapisi screen yang memang telah disiapkan dengan emulsi fotonya. Namun, sebelumnya harus dicampur dan diaduk terlebih dahulu emulsinya sendiri dengan sensitizer sesuai dengan intruksi dan aturan yang telah ditetapkan sebelumnya.


4. Panaskan Desain dengan Lampu

Setelah dirasa screen telah terlapisi rata dnegan emulsi, barulan Anda bisa meletakkan screen dan kemudian kertas transparan berisi desain yang telah ada pada bagian screennya. Pastikan semuanya telah telapisi dengan emulsi foto baru nantinya dilekatkan dengan selotip.


5. Siram Screem dengan Air Dingin

Pegang frame dan screen lalu jangan lupa untuk menyemprotkank air dingin yang telah disediakan sebelumnya. Bisa menggunakan selang ataupun shower agar emulsi foti bisa mengelupas.


6. Memulai Proses Sablon

Proses penyablonan sudah bisa dimulai, dengan langkah langkah sablon manual pertamanya meletakkan kaos polos pada bidang datar. Barulah kemudian diletakkan screen pada area sablon yang telah ditetapkan sebelumnya. 

Pada permukaan screennya, Anda bisa coba menuangkan tinta sablon secara perlahan dengan arah horizontal dan nantinya diratakan searah dengan menggunakan rakel.


7. Memanaskan Kaos

Apabila Anda ingin proses mengeringkan tinta sablonnya lebih cepat dan memastikan tintanya akan menempel dengan baik. Anda perlu memanaskannya pada microwave dengan menggunakan suhu yang berkisar 400 derajat selama kurang lebih 30 detik lamanya.

8. Membersihkan Peralatan


Setelah semua langkah langkah sablon manual dirasa telah selesai, Anda harus tetap memperhatikan kebersihannya dengan cara segera mencuci dan membersihkan screen yang telah digunakan dengan air bersih. Tidak lain supaya terbebas dari tinta sablon yang menempel. Sehingga nantinya screen bisa digunakan kembali untuk menyablon kaos lainnya.

Komentar